0 In kisah

Unfair

….di tengah perang dingin yang kemarin pecah


Kepada waktu yang akhirnya mendesakku,

Seiring bertambahnya usia seorang manusia, maka akan bertambah pula kedewasaannya. Pertanyaannya, apakah semua orang memiliki kedewasaan yang sama? Mengapa tidak? Umur mereka sebaya, perkembangan mereka seiringan. Life is unfair.
Dalam keberagaman, setiap orang butuh toleransi untuk berinteraksi sesama lainnya. Lalu orang yang dewasa harus melakukan toleransi melulu kepada yang tidak peka? Life is unfair.
Di awal, semua tidak pernah menjadi masalah. Di awal, kesalahan kecil terhitung seperti sebuah pemahaman akan watak seseorang oleh seseorang. Kemudian kesalahan itu bertumbuh, menjadi besar. Siapa yang kali ini bisa disalahkan? Diri sendiri? Life is unfair.
Ketika semua orang berhak mendapatkan apa yang seharusnya dimilikinya. Ketika semua orang berhak mendapatkan perlakuan yang sama dengan yang lainnya. Tapi pada kenyataannya ada istilah diskriminasi, perbandingan yang tidak setara, pembagian yang tidak adil. SIapa yang bisa dituntut? Life is unfair at all.
Semua orang akan menjadi dewasa setelah merasa sesal. Semua orang selalu merasa dirinya benar. Aku berdoa untuk semua orang di hidupku, masa depanku. Kepada masa yang akan datang dan pendewasaan yang kucari, bukan yang akan menghampiri. Agar semua bisa merasakan menjadi dewasa tanpa rasa sesal.
Life is unfair (?)

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply